TURIS, FLASHPACKER, BACKPACKER DAN HITCH-HICKER

3 Juni 2011 at 4:24 pm (Yang Lain)

Gw diberi pinjaman sebuah buku tentang Backpacker oleh teman. Buku yang berjudul “Backpacking Modal Jempol, Jelajah Eropa 500ribuan/bulan” . Buku ini ditulis oleh Nonesee, seorang pendiri Jaringan Silaturahmi di Indonesia. Sebuah komunitas untuk para Backpacker dan Hitch-Hacker (semoga tak salah) dan seorang Backpacker Indonesia yang namanya sudah terkenal di kalangan Backpacker dan Hitch-Hicker di dunia.
Buku ini bagus banget, bahkan gw menemukan istilah-istilah baru yang selama ini cuma gw tahu bahwa yang namanya penyuka travelling itu bukan cuma disebut turis atau Backpacker.
Turis atau Tourist adalah istilah untuk para pengunjung/pelancong suatu tempat dengan anggaran yang besar dan tujuannya hanya untuk berlibur. Para turis biasanya memberikan tanggung jawab kepada pihak lain yang dipercayakan untuk mengurus tetek bengek perjalanan, dengan konsekuensi terikat jadwal dan perjalanan.
Flashpacker adalah kata baru digunakan untuk merujuk ke Backpackeri makmur. Flaspacker memiliki asosiasi dari pendapatan lebih saat berpergian dengan kata lain Backpacker dengan anggaran lebih besar.
Backpacker adalah istilah yang digunakan untuk penyuka travelling dengan menggunakan Backpack (Tas punggung) dengan anggaran sederhana dan mengkalkulasikan anggaran tersebut dengan sangat teliti meski harus mengensampingkan kenyamanan. Buat Backpacker yang terpenting pengalaman asli lah yang didapat karena bisa menyaksikan kehidupan nyata dan terlibat langsung dengan masyarakat di negara yang dikunjunginya.
Hitch-Hicker adalah istilah untuk para penyuka travelling dengan penghematan seminim mungkin. Hampir sama dengan Backpacker, hanya Hitch-Hicker dalam penjelajahan lebih menenggelamkan diri mereka pada kondisi yang sulit. Ini dilakukan karena hal tersebut merupan tantangan yang justru memberikan mereka inspirasi dalam petualangan. Untuk menempuh perjalanan dari satu kota ke kota lain dengan cara menumpang kendaraan orang. Menumpang makan di tempat orang yang mereka kenal melalui jaringan silaturahmi. Biasanya untuk menjelajah dari satu negara ke negara lain memerlukan waktu yang panjang.
So kalian tinggal memilih saja, ingin menjadi pelancong jenis apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian. Met berlibur teman2….

Semoga Bermanfaat
Noloen

Sumber : Buku “Backpacking Modal Jempol, Jelajah Eropa 500ribuan/bulan” yang ditulis oleh NoneSee.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s