RASA KAGUMKU PADA SANG FRONTWOMAN

17 Agustus 2012 at 11:40 pm (Me)

Front Woman bersal dari dua kata, Front its mean depan, Woman its men wanita kalau disatukan menjadi wanita di depan… hehehe…. Gak ding. Front woman itu istilah untuk vokalis cewek disebuah band yang sbagian besar personilnya laki2. Di Indonesia g banyak loh band dengan vokalis perempuan. Band pertama di Indonesia yang punya frontwoman adalah COKELAT.

Band yang dibentuk 25 Juni 1996 dengan personel awal terdiri dari Robert, Ervin, Edwin, Ronny dan Kikan sebagai vokalis. Tahun 2000, COKELAT BAND mengeluarkan album yg berjudul UNTUK BINTANG.  Singelnya yang terkenal adalah Pergi.  Waktu dengar lagu ini, buat saya KIKAN itu DOLORESnya Indonesia (Dolores vokalis The Cranberries). Suaranya mirip trus kesamaan mereka adalah sama2 front woman. Sebenarnya banyak lagu di album ini yang ear catching alias enak didengar, seprti lagu AKU BUKAN YG DULU, atau lagu yg agak sangar liriknya DENDAM. Pada album pertama, perhatian gw hanya sebatas suka pada lagunya.

Tahun 2001, temen sekampus sekaligus tmen sekamar di kostan Jatinangor, Nengho memperkenalkan gw pada band ini. Awalnya Nengho cerita klo dy sering bertemu dengan personil COKELAT, kebetulan pacarnya wktu itu menjadi salah satu kru COKELAT. Pertengahan tahun 2001, Nengho ngajak gw nonton performance COKELAT di acara mahasiswa hukum UNPAR di kampus UNPAR daerah Ciumbeulit. COKELAT pd wktu itu jadi bintang tamunya. Jam 5 sore saya udah nyampe di kampus UNPAR, ternyata COKELAT baru manggung pas puncak acara jam 11an mlm. Pada acara itu pula prtama kali gw melihat Marcell Siahaan yg wktu itu bertindak jd MC, pengisi acara (solo dan main drum bareng bandnya Puppen). Gw jg ngelihat bandnya Ariel cs yg wku itu masih bernama TOPI

Balik lagi ke COKELAT, puncak acara pun tiba di situ Kikan sang vokalis menyanyikan bberapa lagu dari album Untuk Bintang dan Album Rasa Baru. Ada satu kejadian yang bikin saya jadi kagum dan kemudian jadi ngefans sma Kikan. Pada saat Cokelat manggung penonton rusuh, nah pada saat itu tugas Kikan sebagai frontwoman bner ditunjukkan. Kikan berinteraksi dengan penonton, mengajak penonton untuk tertib dan amazing penonton yg rusuh pada saat itu nurut banget sma Kikan. Nah dari kejadian itu, bikin gw kagum sama Kikan.

Besoknya gw beli kaset Rasa Baru dengan single yang terkenal Karma. Pada saat mengeluarkan album inilah, COKELAT BAND menjadi terkenal dan sering mendapat tawaran manggung. Hampir tabloid, majalah, televisi memberitakan cokelat termasuk sang frontwomannya. Gw sndiri mengkoleksi beberapa tabloid, atau majalah yg ada tentang COKELAT khususnya tentang Kikan. Salah satu majalahnya adalah MTV Trax No. 3 Oktober 2002.

Gambar

Gw juga pernah chating dengan COKELAT BAND di MIRC swaktu majalah HAI mengadakan acara Chat with Cokelat Band di MIRC. Yang bikin bahagianya adalah waktu gw bisa PM (Private Message) sama Kikan bahkan Kikan bilang kalau dia hanya PM dengan gw az, bener2 beruntung saya. Di acara chating itu, kebetulan ada kuis yang hadiahnya kaset Rasa Baru yg di ttd seluruh personel COKELAT BAND dan Alhamdulillahnya gw menang.

Gue juga punya foto COKELAT BAND waktu manggung di UNPAR yang kemudian gw titipin ke pacarnya temen gw itu untuk di ttd. Sayang sekali, dari 5 foto yg di ttd oleh seluruh personil, hanya 2 yg masih gw simpan, sedangkan sisanya ada yg minta temen trus ada yang hilang diambil orang.

Tahun 2003 COKELAT BAND mengeluarkan album SEGITIGA dengan single yang terkenalnya Segitiga dan Kupilih Dia. Kemudian disusul oleh album DARI HATI (2004) dengan single yg terkenal Saat Jarak Memisahkan. Album BEST OF THE BEST (2006), UNTUKMU INDONESIA (2006) dengan single yg terkenal BENDERA. Tahun 2008, terakhir kalinya Kikan mengeluarkan album bareng COKELAT BAND. Album yang diberi nama PANCA INDERA dengan lagu2 yang terkenal seperti Salah, Bukan Hari ini dan Pinjam Hatimu.

Setelah Kikan keluar dari COKELAT BAND, otomatis gw juga tidak pernah lagi mengikuti berita tentang COKELAT BAND karena bwt gue pribadi, COKELAT BAND=KIKAN sma seperti PETERPAN=ARIEL.

Semenjak itu gw jarang banget denger kabar tentang Kikan, klopun kabar yang gw denger adalah perceraiannya dengan mantan suaminya Yuke dan Kikan yang sempat main teater Ali Topan The Musical, hanya itu.

Alhamdulillah sekitar bulan maret 2012, Kikan kembali mengeluarkan single Serasa. Semenjak itu Kikan kembali sering muncul di layar kaca dan juga sering menyanyikan lagu2 COKELAT BAND yg merupakan karyanya.

 

Gw respect sama KIKAN karena…..

Kalau lagi tampil, dy bisa menguasai panggung, berinteraksi sama fans dan bner2 jadi frontwoman bwt bandnya….

Gw respect sama KIKAN karena…..

Dy multi talent, menguasai beberapa alat musik, bisa nyiptan lagu2 bagus

Gw respect sama KIKAN karena…..

Dy menjadi dirinya sendiri, meskipun ibunya politikus terkenal, dy g  prnah bwa embel2 nama ibunya. Dy sllu menjadi dirinya sendiri….

Gw respect sama KIKAN karena…..

Dy ibu yang hebat bwt anak2nya… gw bcra sperti ini dari berita2 yang gw baca….

Gw respect sama KIKAN karena…..

Bwt gw dia hebat…. Dan luar biasa….

 

Smpe sekarang gw tetep kagum sama Kikan meskipun gw juga menaruh kagum kepada Tantri sebagai Frontwoman KOTAK BAND. Dy g beda jauh sma Kikan, sama2 wanita hebat.

 Chating sama Kikan pernah, Ngbrol di telpon meski bentar juga pernah, lihat Kikan manggung jg pernah. Ada yang belum kesampean smpe sekarang. Pengen banget ktemu sma Kikan langsung, foto bareng berdua. Yeah that is my dream, yang belum tentu tercapai.

SUCCESS FOR U MY IDOL….

Tinggalkan Balasan

